Kenapa Kita Memerlukan Pemasaran Basis Data?

 

Ilustrasi DATABASE MARKETING(SHUTTERSTOCK/Stuart Miles)

Tahukah Anda bahwa hampir 90% pemasar digital percaya bahwa personalisasi adalah salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan perusahaan? Personalisasi bukan hanya tentang merekomendasikan produk berdasarkan pembelian pelanggan sebelumnya.

Katakanlah Anda memesan mainan online untuk ulang tahun keponakan Anda dan kemudian menerima banyak email yang mengundang Anda untuk membeli mainan untuk anak-anak Anda. Email akhirnya menjadi membosankan dan Anda berhenti berlangganan. Jika Anda tidak menggunakan pemasaran basis data, hal yang sama dapat terjadi pada perusahaan Anda.

Apa itu Pemasaran Basis Data?
Pemasaran basis data memungkinkan Anda membuat komunikasi pemasaran yang dipersonalisasi dan kampanye bertarget. Ini juga memungkinkan Anda untuk membuat kampanye Anda lebih relevan dengan audiens target Anda. Ini adalah strategi pemasaran yang memungkinkan Anda mengumpulkan data pelanggan, menganalisisnya, dan membuat rekomendasi yang dipersonalisasi untuk pelanggan. Berikut adalah beberapa informasi yang mungkin Anda perlukan untuk memasarkan database Anda.

  • Data transaksi
  • Nama-nama pelanggan
  • Alamat pelanggan
  • Nomor telepon untuk pelanggan
  • Pola perilaku pembelian
  • Tiket dukungan akan dikirim

Untuk mengumpulkan informasi yang disebutkan di atas, agen pemasaran digital untuk eCommerce akan membutuhkan sistem CRM. Perangkat lunak ini memudahkan untuk mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan dan memfasilitasi interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda.

Perbedaan Antara Pemasaran Langsung dan Pemasaran Basis Data
Pemasaran langsung tradisional melibatkan pengumpulan alamat pelanggan dan mengumpulkan nama mereka untuk mengirim selebaran atau kartu pos. Ini tidak sama dengan pemasaran basis data. Pemasaran basis data menargetkan pelanggan berdasarkan informasi pribadi mereka dan menciptakan strategi yang disesuaikan dengan produk yang mungkin ingin mereka beli. Pemasaran basis data tidak hanya tentang mempersonalisasi rekomendasi produk tetapi juga tentang meningkatkan komunikasi Anda dengan pelanggan.

Pemasaran email mungkin bekerja dengan baik untuk beberapa pelanggan, tetapi SMS dan pemasaran media sosial mungkin bekerja lebih baik untuk orang lain. Pemasaran basis data berfokus pada personalisasi pengalaman pemasaran untuk memastikan calon pelanggan tidak terganggu oleh pesan pemasaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

 Apa Yang Harus Dilakukan Dengan Pemasaran Basis Data?
Pemasaran basis data adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume penjualan Anda jika Anda mengirim ratusan email ke klien. Berikut adalah beberapa cara pemasaran basis data dapat membantu bisnis Anda.

  • Buat kampanye bertarget
  • Gunakan analitik untuk mengetahui kapan Anda harus meluncurkan kampanye pemasaran
  • Memberikan diskon kepada pelanggan baru
  • Menawarkan program loyalitas kepada pelanggan yang sudah ada dan pelanggan jangka panjang
  • Segmentasikan pelanggan ke dalam kelompok yang berbeda untuk mempersonalisasi rekomendasi produk
  • Gunakan analitik untuk mengetahui pola pembelian pelanggan

Pemasaran basis data didasarkan pada data pelanggan dan menciptakan pengalaman iklan yang disesuaikan untuk audiens Anda. Pengalaman satu pelanggan mungkin tidak sama untuk yang lain. Personalisasi pengalaman periklanan dapat membantu Anda menargetkan audiens yang tepat untuk kampanye pemasaran Anda. Ini akan meningkatkan tingkat konversi dan membuat calon pelanggan merespons dengan lebih positif.

Pemasaran basis data menawarkan banyak manfaat tetapi Anda tidak boleh berhenti mengumpulkan informasi pelanggan. Sebagai gantinya, Anda harus bekerja dengan agen pemasaran sehingga Anda dapat membuat iklan yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi audiens target Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama